• Seminar BAS dan Putusan
  • Gedung Kantor Pengadilan Agama Kelas IA Yogyakarta
  • Layanan Hukum Gratis di PA. Yogyakarta
  • Pelayanan Meja Pendaftaran
  • Memorandum Of Understanding Monitoring Persidangan dengan UIN
  • Memorandum Of Understanding Monitoring Persidangan dengan UIN
  • Audiensi dengan Plt. Walikota Yogyakarta
  • Audiensi dengan Plt. Walikota Yogyakarta
  • Ruang Laktasi bagi ibu-ibu yang sedang menyusui
  • Salah satu Jalannya Pelaksanaan Audit Surveillance ISO 9001:2008 1-2 Desember Tahun 2016
  • Wajah-wajah berseri dan bahagia seluruh pegawai setelah Pengadilan Agama Yogyakarta bisa Mempertahankan ISO 9001:2008

PEMBINAAN DI PENGADILAN AGAMA YOGYAKARTA

Pada hari Jum’at 3/3-2017 kemarin seluruh karyawan dan karyawati Pengadilan Agama Yogyakarta mendapatkan pencerahan dan informasi dari Pimpinan Kantor Pengadilan Agama Yogyakarta, yaitu Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, dan dari Panitera dengan mengambil tempat di ruang rapat.

Sudarinto, SH selaku sekretaris memohon maaf karena baru kali ini rapat pembinaan diadakan. “Sebenarnya sudah beberapa waktu lalu kami jadualkan, akan tetapi beberapa acara mendadak  harus kita adakan, sehingga acara pembinaan ini mundur sampai awal Maret.” Demikian sambutan pak Dar ketika membuka acara pembinaan kali ini.

Beberapa hal disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Yogyakarta Dr.H. Bambang Supriastoto, SH., MH., diantaranya adalah masalah yang menyangkut Tim SABERPUNGLI yang sedang digencarkan pemerintah pusat dan Ketua PA di dalam Tim Saber Pungli Kota Yogyakarta diikutkan sebagai penasehat/Pembina bersama-sama Ketua PN, Kajari, Kapolres, dan Dandim Kota Yogyakarta.

“Tidak dibenarkan memungut pembayaran kepada para pihak di luar kasir, termasuk jasa untuk mediator, karena sudah dihitung ketika penyetoran panjar biaya perkara.” Tegas pak Bambang.

“Jadikanlah ruang kerja sebagaimana mestinya, jaga kebersihan dan kerapihannya, jangan sampai ruang kerja terkesan kumuh dan kotor. Suasana kerja yang nyaman diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kerja.” Harap beliau

Disanggung pula oleh bapak Ketua tentang up date data dalam SIPP dan SIADPA. Dalam penyelesaian perkara kita memang memperoleh nilai tertinggi di DIY dengan nilai 41,69 % akan tetapi masih tergolong rendah di tingkat Nasional.

Beliau menghimbau terutama kepada petugas pelayanan agar tidak membeda-bedakan orang. “Boleh jadi ia adalah orang Mahkamah Agung yang sedang menyammar untuk mengetahui bagaimana kita melayani masyarakat.”  Kata beliau merujuk pada temuan beberapa waktu lalu di Pengadilan Agama di Wialayah PTA Jakarta.

“Alhamdulillah dalam kurun waktu beberapa bulan kemarin kita telah mengadakan beberapa kesepahaman (MoU) dengan beberapa perguruan tinggi di Yogyakarta, seperti: Fakultas Haukum UGM, Fakultas Syari;ah dan Hukum UIN SU-KA, dan Fakultas Ilmu Agama Islam UII, dan juga beberapa instansi seperti dengan kantor Walikota Yogyakarta, bahkan Kantor Dispenduk Capil sedang menjajagi untuk diadakan sidang isbat nikah missal bagi para pasangan suami istri yang selama ini belum memiliki bukti akta perkawinan mereka.”Jelas beliau.

Menanggapi tentang peenyelesaian perkara yang baru 41,69 %, seperti yang dsampaikan oleh Bapak Ketua, Wakil Ketua Drs.H. Abd. Malik, M.Si menemukan fakta bahwa keterlamabatan penyelesian perkara itu disebabkan oleh  faktor pemanggilan/pemberitahuan isi putusan kepada Pengadilan Agama di luar wilayah Pengadilan Agama Yogyakarta. “Bahkan hampir 70 % hambatannya adalah karena faktor Tabayyun tadi.” Jelas pak Wakil.

Beliau juga mengajak agar para hakim dan aparat lainnya berperilaku sopan tidak membentak kepada para pihak. “Jagalah kebersihan, terutama ruang perpustakaan yang beraroma rokok mohon diperhatian, karena ruang perpustakaan adalah tempat orang mencaai data atau membaca. Ciptakan suasana yang nyaman.” Pinta beliau.

Sementara Pak Ahmadi, selaku Panitera berterima kasih kepada para hakim, panitera, jurusita dan lainnya atas kerja sama yang baik selama ini, sehingga Pengadilan Agama Yogyakarta memperoleh nilai tertinggi di DIY. Akan tetapi publikasi putusan kita masih separuh, yaitu baru ter upload 52 putusan dari 100 lebih perkara yang putus, untuk itu beliau menghimbau agar sinergitas kerja antara para Ketua Majelis dengan admin segera terjalin dengan baik.

 “SIPP kita belum selesai, oleh karena itu kita perlu mengadakan diklat ditempat.” Himbau beliau.

Sebelum acara ditutup, Sekretaris PA Yogyakarta menginformasikan bahwa beberapa barang inverntaris akan segera datang, di antaranya mesin Genset, lemarin toga, lemari kerja, meja biro hakim, seragam kantor dan lain-lain dan akan dibagikan kepada yang berhak.

“Dalam bulan Maret ini, Insya Allah akan diadakan penandatanganan MoU dengan Ikatan Pengacara Syari’ah Indonesia (APSI) Yogyakarta selaku pemenang tender sebagai petugas`POSBAKUM Kantor Pengadilan Agama Yogyakarta. Dan rapat evaluasi kinerja akan dilakukan setiap tiga bulan sekali.” Demikian info dari Pak Dar.  (xamim).

 

 

Berita Sebelumnya...

KHOTMIL QUR’AN DAN BUKA PUASA DI PA. YOGYAKARTA

KHOTMIL QUR’AN DAN BUKA PUASA DI PA. YOGYAKARTA

Dr. H. Bambang Supriastoto, SH. M.Hum., melaporkan tentang kegiatan spiritual selama bulan Ramadhan 1438 H di  Kantor Pengadilan Agama Yogyakarta kepada Ketua Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta Drs. H. Said Munji, SH., MH., pada acara khotmil Qur’an dan buka puasa di Pengadilan Agama Yogyakarta Rabu, 21 Juni 2017.

“Kegiatan spiritual seperti tadarus Al-Qur’an yang  dilaksanakan jam 08.00 sampai jam 09.00 pagi, sebelum sidang, dibagi dalam 3 kelompok. Dari kegiatan ini diharapkan para pegawai Pengadilan Agama Yogyakarta semakin akrab dengan kitab sucinya, sementara untuk menambah wawasan keislaman, keimanan, dan ketakwaan seluruh pegawai juga mengikuti shalat dhuhur berjamaah yang dilanjutkan dengan kultum oleh para hakim yang telah ditunjuk oleh pengurus Mushalla Al-Mahkamah”. Demikian sambuan pak Ketua Pengadilan Agama Yogyakarta;

SP_READ_MORE

Berita Duka Cita

Telah berpulang ke Rahmatullah,

SAUFA NURUL KHALIDAH

(Putri Kedua Ibu Dra. Hj. Siti Baroroh, MSI. Hakim PA Yogyakarta)

pada hari Minggu, 18 Juni 2017 Pukul 17.05 WIB
  di RSU Sardjito Yogyakarta

dimakamkan pada hari Senin, 19 Juni 2017 Pukul 14.00 WIB
  di makam Dongkelan Yogyakarta

 

Keluarga besar Pengadilan Agama Yogyakarta
turut berduka-cita yang sedalam-dalamnya.
Semoga amal ibadah Almarhum diterima Allah SWT,
serta diampuni seluruh dosa-dosa dan kekhilafannya.
Semoga Allah SWT juga memberikan kekuatan dan ketabahan bagi keluarga yang ditinggalkannya.
Aamiin, yaa Robbal ‘Aalamiin.

SP_READ_MORE

PENGAWASAN BAWAS DI PA YOGYAKARTA

PENGAWASAN BAWAS DI PA YOGYAKARTA

            Selama 4 hari (Senin sampai Kamis) tanggal 12 -15 Juni 2017, Tim Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI di bawah pimpinan H. Ahmad Yunus, Hakim Tinggi Pengawas melakukan pemeriksaan rutin/reguler di Pengadilan Agama Yogyakarta.

Pemeriksaan reguler kali ini terkait dengan biaya perkara (sisa panjar) biaya eksekusi (tidak dicicil), uang konsinyasi, panggilan/pemberitahuan delegasi, barang bukti, bantuan hukum, keterbukaan informasi dan penanganan pengaduan serta temuan lain dari pengawas ekternal, serta meja informasi dan pengaduan.

SP_READ_MORE

Berita Duka

Telah berpulang ke Rahmatullah,

Fakhruddin Aziz, SHI

(Hakim Pengadilan Agama Wates)

pada hari Jumát 9 Juni 2017 Pukul 15.00 WIB
di Yogyakarta

dimakamkan pada hari Sabtu, 10 Juni 2017
di Blora - Jawa Tengah



 
Keluarga besar Pengadilan Agama Yogyakarta
turut berduka-cita yang sedalam-dalamnya.
Semoga amal ibadah Almarhum diterima Allah SWT,
serta diampuni seluruh dosa-dosa dan kekhilafannya.
Semoga Allah SWT juga memberikan kekuatan dan ketabahan bagi keluarga yang ditinggalkannya.
Aamiin, yaa Robbal ‘Aalamiin.

SP_READ_MORE

PA YOGYAKARTA: SAYA INDONESIA!, SAYA PANCASILA!

PA YOGYAKARTA: SAYA INDONESIA!, SAYA PANCASILA!

 

Memperingati hari lahirnya Pancasila ke 73 tahun dirayakan oleh warga Pengadilan Agama Yogyakarta, pada hari Kamis, 1 Juni 2017 dengan Ketua Pengadilan Agama Yogyakarta, Dr. Bambang Supriastoto, SH., MH., bertindak selaku inspektur upacara diikuti oleh seluruh karyawan dan karyawati Pengadilan Agama Yogyakarta, termasuk para Hakim.

Peringatan hari lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila, dan ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada Tanggal 1 Juni 2016. Dalam Keputusan tersebut ditetapkan Pertama: Menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai hari lahir Pancasila, Kedua: Tanggal 1 Juni merupakan hari libur nasional, dan Ketiga: Pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni.

SP_READ_MORE

RAT Koperasi Pegawai Pengadilan Agama Yogyakarta

RAT Koperasi Pegawai Pengadilan Agama Yogyakarta 

Selasa (23/05/2017) Bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Yogyakarta telah dilaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pegawai Pengadilan Agama Yogyakarta Al-Hikmah Tahun Buku Mei 2016 s/d Mei 2017. Acara dipimpin Ketua Pengadilan Agama Yogyakarta Dr. H. Bambang Supriastoto, SH, MH selaku Pembina Koperasi Pegawai Pengadilan Agama Yogyakarta.

Ketua Koperasi Al-Hikmah Drs. Sultoni, MH, beliau menyampaikan permintaan maaf atas nama pengurus akan segala kekurangan dan keterbatasan yang dimiliki oleh Pengurus Koperasi Al-Hikmah sehingga baru bisa menyelenggarakan RAT pada akhir bulan Mei 2017 ini dan menyampaikan ucapan terimakasih atas semua partisipasi dan dukungan semua pihak sehingga Koperasi Al-Hikmah bisa berjalan hingga saat ini.

SP_READ_MORE

Berita Duka

Telah berpulang ke Rahmatullah,

Ibu Sri Oekendarijah (usia 84 tahun)

(Ibunda dari Ibu Hj. Sri Sulistyani Endang Setyawati, SH, MSI)

Pada hari Sabtu, 13 Mei 2017 Pukul 22.00 WIB
  di Purwokerto

Dimakamkan : Minggu, 14 Mei 2017 Pukul 10.00 WIB
  di Wonosobo

 

Keluarga besar Pengadilan Agama Yogyakarta
turut berduka-cita yang sedalam-dalamnya.
Semoga amal ibadah Almarhumah diterima Allah SWT,
serta diampuni seluruh dosa-dosa dan kekhilafannya.
Semoga Allah SWT juga memberikan kekuatan dan ketabahan bagi keluarga yang ditinggalkannya.
Aamiin, yaa Robbal ‘Aalamiin.

SP_READ_MORE

PENUNDAAN SIDANG

PENGUMUMAN PENUNDAAN SIDANG

 

Berdasarkan perintah Ketua Majelis Pengadilan Agama Yogyakarta, oleh karena pada hari Senin tanggal 24 April 2017 adalah hari libur nasional Hari Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, maka persidangan atas perkara di bawah ini yang semula dijadwalkan pada hari Senin tanggal 24 April 2017 jam 09.00 WIB ditunda sebagai berikut : 

Pengumuman penundaan ini dengan memerintahkan kepada para pihak berperkara untuk menghadap sidang yang ditentukan dengan tanpa dipanggil lagi.

Pengumuman Penundaan sidang ini telah diunggah di website dan juga ditempelkan pada papan pengumuman Pengadilan Agama Yogyakarta.

Demikian Pengumuman ini disampaikan agar para pihak berperkara maklum adanya. 

Yogyakarta, 19 April 2017

Panitera

Cap & Tanda Tangan

 Ahmadi, SH

SP_READ_MORE

EKSPOS HASIL PENGAWASAN DI PA.YOGYAKARTA

EKSPOS HASIL PENGAWASAN DI PA.YOGYAKARTA

 

(pa-yogyakarta.net) Setelah dua hari, mulai Senin s/d Selasa (20-21 Maret 2017), Tim Hakim Tinggi Pengawas Daerah (HATIWASDA) PTA Yogyakarta yang diketuai oleh Drs. H. Ahmad Sayuti, SH.,MH., mengadakan pengawasan dan pembinaan di Pengadilan Agama Yogyakarta, maka pada Rabu pagi 22 Maret 2017 di hadapan para karyawan dan karyawati Pengadilan Agama Yogyakarta mengadakan ekspos atau pemaparan hasil pengawasan dan pembinaan dengan di pandu oleh Ketua Pengadilan Agama Yogyakarta Dr. H. Bambang Supriastoto, SH., MH.

Menurut Ketua Tim, pengawasan kali ini hanya menemukan hal-hal kecil dan Pengadilan Agama Yogyakarta sudah lebih baik dibanding hasil temuan pengawasan sebelumnya.  “Hal-hal kecil ini bisa menjadi besar apabila tidak segera ditindaklanjuti. Untuk itu sekecil apapun hasil temuan kami mohon pak Ketua untuk segera menindaklanjutinya agar kelak tidak lagi ditemukan kesalahan yang sama.” Demikian harapan Pak Sayuti.

Dari hasil paparan para hakim Tinggi Pengawas disampaikan beberapa temuan, antara lain:

Di bidang Pelayanan publik tim pengawas belum atau tidak menemukan Program Kerja Tahun 2017 di  Pengadilan Agama Yogyakarta, Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Yogyakarta tentang Hakim Pengawas bidang belum mengacu pada PERMA Nomor 9 Tahun 2016 tentang SWAMARI (Sistem Pengawasan Mahkamah Agung RI).

SP_READ_MORE

SEMINAR IKAHI DI HOTEL MERCURE ANCOL

SEMINAR IKAHI DI HOTEL MERCURE ANCOL

 

(pa-yogyakarta.net) Pengadilan Agama Yogyakarta ikut berpartisipasi dalam seminar Nasional dalam rangka HUT IKAHI ke 64 yang di selenggarakan di Hotel Mercure Ancol Jakarta pada hari Selasa tanggal 21 Maret 2017 dengan mengirim salah seorang hakim Pengadilan Agama Yogyakarta Drs. H. Khamimudin, MH., bersama utusan lain dari PTA Yogyakarta, yaitu: Drs. HM. Asymuni, MH., Ketua Pengadilan Agama Sleman, Dra. Endang Sri Hartatik, Hakim Pengadilan Agama Wonosari, Latifah Setyawati, SH. M.Hum., Hakim Pengadilan Agama Bantul, dan  Ummu Hafizah SHI., SE.,MA., Hakim Pengadilan Agama Wates.

Seminar yang dibuka secara resmi oleh Ketua Mahkamah Agung RI DR. Hatta Ali, SH., MH., dihadiri oleh sebagian besar anggota anggota IKAHI dari empat lingkungan peradilan, para hakim agung, Kepolisian Republik Indonesia, Kejaksaan, para praktisi hukum seperti pengacara/advokat, dan  juga dari kalangan LSM.

Dalam kata sambutannya, Ketua Mahkamah Agung menyatakan salut dan bangga kepada pengurus IKAHI yang dapat menyelenggarakan seminar Nasional kali ini dengan tema Menjerat Korporasi dalam Pertanggungjawaban Hukum.

“Saya ucapkan selamat ulang tahun yang ke 64 kepada Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) semoga kas IKAHI tambah banyak karena yang hadir di seminar ini cukup banyak, saya lihat ke kiri, ke kanan dan ke belakang, semua kursi terisi.” Seloroh pak Hatta Ali.

SP_READ_MORE

Pembinaan KPA Yogyakarta

PEMBINAAN DI PENGADILAN AGAMA YOGYAKARTA

Pada hari Jum’at 3/3-2017 kemarin seluruh karyawan dan karyawati Pengadilan Agama Yogyakarta mendapatkan pencerahan dan informasi dari Pimpinan Kantor Pengadilan Agama Yogyakarta, yaitu Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, dan dari Panitera dengan mengambil tempat di ruang rapat.

Sudarinto, SH selaku sekretaris memohon maaf karena baru kali ini rapat pembinaan diadakan. “Sebenarnya sudah beberapa waktu lalu kami jadualkan, akan tetapi beberapa acara mendadak  harus kita adakan, sehingga acara pembinaan ini mundur sampai awal Maret.” Demikian sambutan pak Dar ketika membuka acara pembinaan kali ini.

SP_READ_MORE

Kepala OJK Yogyakarta kunjungi Kantor PA Yk

 KEPALA OJK YOGYAKARTA KUNJUNGI KANTOR PA YOGYAKARTA

Kepala Kantor Regional III OJK Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Fauzi Nugroho mengadakan kunjugan ke kantor Pengadilan Agama Yogyakarta pada hari Rabu 1 Maret 2017 dan diterima langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Yogyakarta Dr. H. Bambang Priastoto, SH., MH.
Kunjungan beliau yang didampingi oleh Bapak Rifki Ausyah, selaku Pengawas bank dan Keuangan Syari’ah merupakan kunjungan perdana dalam rangka mengenalkan tentang OJK.

Pak Fauzi secara sepintas menginformasikan tentang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan lembaga independen dan bebas dari campur tangan pihak lain, yang mempunyai fungsi, tugas dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan dan penyidikan di sektor jasa keuangan.

SP_READ_MORE

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah PP

PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN PP PENGADILAN AGAMA YOGYAKARTA

           

            Pagi hari ini Jum’at 24 Pebruari 2017, bertempat di ruang Aula Pengadilan Agama Yogyakarta, Ketua Pengadilan Agama Yogyakarta mengambil sumpah dan melantik Panitera Muda dan Panitera Pengganti serta melapas Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Yogyakarta.

            Pejabat yang dilantik adalah Hj. Tati Kusmiati, SH., sebagai Panitera Muda menggantikan pejabat lama Drs. M. Nuryadin, M.Si. Sebelumnya Hj. Tati Kusmiati, SH., adalah Panitera Pengganti di Pengadilan Agama Yogyakarta, sementara pejabat yang lama dimutasi menjadi Panitera Pengganti Pengadilan Agama Yogyakarta;

Sementara Nanik Naje’mah, SH., yang dilantik sebagai Panitera Pengganti, sebelumnya adalah Panitera Muda Permohonan di Pengadilan Agama Kudus Jawa Tengah. Pengadilan Agama Yogyakarta juga mendapat tambahan satu orang staf, yaitu Leny Legawati, A.Md., yang sebelumnya adalah staf Pengadilan Agama Wates .

 

SP_READ_MORE

Pembinaan Ka Bawas dan Dirjen Badilag

PEMBINAAN KABAWAS DAN DIRJEN BADILAG DI PA SE-WIALAYAH PENGADILAN TINGGI AGAMA YOGYAKARTA

 

(pa-yogyakarta.net) Kepala Badan pengawas (BAWAS) Mahkamah Agung RI Nugroho Setiadji, SH., mengadakan pembinaan sekaligus silaturahmi dengan warga peradilan agama di Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta, Selasa 21 Pebruari 2017 bertempat di aula Pengadilan Agama Yogyakarta. 

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta, Drs. HM. Said Munji, SH., MH., mengucapkan selamat datang dan berterima kasih kepada Bapak Dirjen Badilag dan Kepala Bawas Mahkamah Agung yang telah berkenan hadir di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta, semoga  kami mendapatkan iformasi-informasi terbaru untuk dapat kami pedomani sehingga kami dapat  melangkah ke arah yang lebih bagus lagi.

“Perlu kami laporkan kepada bapak Dirjen, bahwa kami di PTA Yogyakarta telah mengadakan rintisan awal dengan cara mengadakan kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya, seperti Fakultas Hukum UGM, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga, UII, UNS, dan lain-lain. Ini semua kami lakukan agar masyarakat akademis tahu tentang eksistensi peradilan agama di Indonesia”. Demikian jelas pak KPTA Yogyakarta.

SP_READ_MORE

Berita Duka

Telah berpulang ke Rahmatullah,

IBU IYOH

(Ibu Mertua dari Ibu Nur Asiyah, SE KasubBag. Kepegawaian dan Ortala PA Wates)

pada hari Minggu, 19 Februari 2017 Pkl. 16.00 WIB
  di Trunuh, Klaten

dimakamkan pada hari Senin, 20 Februari 2017 Pkl. 13.30 WIB
  di Pemakaman Suci Kaliputih Bantul

 

Keluarga besar Pengadilan Agama Yogyakarta
turut berduka-cita yang sedalam-dalamnya.
Semoga amal ibadah Almarhumah diterima Allah SWT,
serta diampuni seluruh dosa-dosa dan kekhilafannya.
Semoga Allah SWT juga memberikan kekuatan dan ketabahan bagi keluarga yang ditinggalkannya.
Aamiin, yaa Robbal ‘Aalamiin.

SP_READ_MORE

Video Tutorial Tata Cara Berperkara Di PA. Yogyakarta

Data Kunjungan

641803
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu terakhir
Bulan ini
Bulan terakhir
Total
492
625
1651
635176
17976
23116
641803

Your IP: 23.20.242.166